Free Call (0287) 6601565

Seni Budaya X Semseter II

0 ulasan / Menulis ulasan

  • Rp.17,100

  • kepada seluruh siswa yang mempelajari seni untuk memahami bagaimana manusia berkomunikasi tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan musik, tari, dan seni rupa atau visual. Selama kunjungan kami ke sekolah-sekolah, kami menemukan bahwa pelajara...
  • Kode Produk: -
  • Tersedianya: 500

kepada seluruh siswa yang mempelajari seni untuk memahami bagaimana manusia berkomunikasi tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan musik, tari, dan seni rupa atau visual. Selama kunjungan kami ke sekolah-sekolah, kami menemukan bahwa pelajaran seni seringkali diabaikan


(Dr. Ernest Boyer – The Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching)


(Sumber: Dickinson, 2002)


Pernyataan di atas secara tegas mengungkapkan apa yang dimaksud dengan pelajaran Seni Budaya, yaitu pelajaran yang mencakup empat jenis cabang seni, yaitu seni rupa, musik, tari, dan seni teater. Pada buku Seni Budaya kelas X ini, siswa diharapkan memahami konsep-konsep musik melalui gerakan (seni tari) atau melalui gambar/bentuk (seni visual/rupa), dan mampu mengintegrasikan seluruh cabang seni secara teatrikal dalam bentuk pertunjukan. Atau, siswa memahami konsep-konsep tari melalui bunyi (seni musik) atau melalui gambar/bentuk (seni visual/rupa), dan mampu mengintegrasikan seluruh cabang seni tersebut secara teatrikal dalam bentuk pertunjukan.






Melalui pengintegrasian keempat cabang seni tersebut siswa memperoleh kesempatan untuk berimajinasi dan mengeksplorasikan gagasan-gagasan baru berdasarkan pengetahuan dan kemampuan yang mereka peroleh sesuai dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya setempat. Pengintegrasian keempat cabang seni dalam pendidikan Seni Budaya dipandang penting untuk dipelajari karena dapat meningkatkan kreativitas siswa untuk mengekspresikan diri dalam bidang seni yang dilakukan berdasarkan pengetahuan dan kemampuan mereka sendiri.

 

Pembelajaran Seni Budaya ini menekankan pada pengetahuan dan kemampuan siswa maka metode pembelajaran difokuskan pada keaktifan siswa di kelas. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran yang bersifat induktif melalui kegiatan mengamati, bertanya, melakukan eksperimen untuk memperoleh informasi, mengasosiasi atau menghubungkan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan hasil temuan baik secara lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, peranan guru dalam pembelajaran adalah mengondisikan situasi pengalaman belajar yang menyenangkan dan dapat menstimulasi indra dan keingintahuan siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menyajikan penampilan seni sesuai dengan tuntutan kompetensi dalam matapelajaran Seni Budaya di kelas X.

 

Spesifikasi 


Ukuran     : 17.5 x 25


Hal            : 240


ISBN         : 978-602-427-144-2


Penulis    :  Zackaria Soetedja, Dewi Suryati, Milasari, Agus Supriatna

Menulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Bad           Good